ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA

ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA


HEYHOOO ASSALAMMUALAIKUM VIEWER....
buat kita para mahasiswa yang mulai memasuki semester-semester akhir menjelang "PENULISAN ILMIAH" "KARYA ILMIAH" "SKRIPSI" atau penulisan penulisan lainnya pasti mulai harus belajar untuk pembuatan abstraksi dan daftar pustaka .  namun , apasih abstraksi penulisan itu? apa aja isinya? fungsinya apa? kenapa harus pakai abstraksi?gimana bikinnya ? daftar isi juga gimana cara buatnya ? yuuk disimak dulu :)

PENGERTIAN ABSTRAK
Abstrak adalah ringkasan dari seluruh isi sebuah tulisah ilmiah. Selain harus mencantumkan informasi bibliografisnya (nama penulis, judul, tahun, dan jumlah halaman).Fungsi dari abstrak sendiri secara umum adalah menjelaskan secara singkat dan sekilas tentang isi dari penelitian yang di lakukan / materi bahasannya kemudian pengertian khusus abstrak adalah sesuatu yang dilihat tidak mengacu kepada obyek atau peristiwa khusus. Abstraksi menyajikan secara simbolis atau secara konseptual serta secara imajinatif sesuatu yang tidak dialami secara langsung.Jadi abstrak adalah kata yang menunjukan kepada sifat, keadaan dan kegiatan yang dilepas dari objek tertentu. Pemahaman akan pengertian abstrak sepertinya masih dianggap sebagai suatu yang sulit bahkan tak teraplikasi. Sebagaimana tertera di atas, suatu perikatan adalah suatu pengertian abstrak (dalam arti tidak dapat dilihat dengan mata), maka suatu perjanjian adalah suatu peristiwa atau kejadian yang konkret. Misalnya : Perjanjian jual beli.
          isi abstrak seharusnya mengandung elemen-elemen kunci yang akan dijelaskan secara ringkas di bawah ini:
1.     Latar belakang. Di bagian ini, Anda perlu memberikan rangkuman informasi mengenai latar belakang atau lebih spesifik pokok masalah yang Anda geluti di dalam karya ilmiah Anda.
2.     Tujuan. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan tujuan penulisan karya ilmiah Anda.
3.     Implikasi. Di bagian ini Anda mengemukakan implikasi praktis dari hasil riset Anda (jika ada).
4.     Metode. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan metode riset yang Anda gunakan.
5.     Hasil. Di bagian ini Anda mengemukakan temuan-temuan yang Anda hasilkan dalam riset Anda.
6.     Kesimpulan. Kemukakan kesimpulan akhir dari hasil riset Anda di sini.
Penulisan sebuah abstrak harusnya memperhatikan:
1. Struktur Paragraf.
Penulisannya tidak melakukan indensasi pada kalimat pertama paragraf. Single space adalah pilihan yang dimiliki oleh penulis untuk menyusun kalimat dalam paragrafnya.
2. Jumlah kata.
Idealnya sebuah paragraf terdiri dari 150 sampai dengan 200 kata. Namun, pertimbangan jumlah kata yang paling tepat dalam penulisan Skripsi, Tesis, ataupun disertasi biasanya bergantung pada pertimbangan pandangan pembimbing (supervisor) yang mendampingi seorang mahasiswa dalam penulisannya.
3. Isi paragraf.
Pada saat pembimbingan, seorang supervisor mengedepankan 4 bagian empiris dari sebuah abstrak. 
Pertama, indentifikasi fokus penelitian
Kedua, penulis perlu menggambarkan secara jelas desain penelitian yang dilakukan dalam proses pencarian jawaban atau solusi atas persoalan yang diangkat di dalam penelitiannya
Ketiga, selanjutnya penulis akan menjelaskan hasil temuannya kepada pembaca. Lalu diurai di dalam bagian kesimpulan.
Keempat, perlunya bagian kesimpulan di dalam sebuah tulisan juga terlihat di dalam sebuah abstrak yang tetap mendapatkan perhatian penting sebagai bagian akhir dari paragraf

CONTOH ABSTRAK

abstrak.JPG

YANG DIMUAT DALAM ABSTRAK
abstrak memuat Nama dan NPM pembuat penulisan ini, Judul dari penulisannya, dituliskan jurusan dan fakultasnya juga, tahun, dan kata kunci. Namun dalam abstrak terdapat elemen elemen lain pula , seperti :
1.     Latar belakang
2.     Tujuan.
3.     Implikasi
4.     Metode
5.     Hasil
6.     Kesimpulan

 CARA MEMBUAT ABSTRAK
Untuk para mahasiswa pemula yang awam tentang apa itu abstrak akan sangat sulit intuk membuat abstrak ini , karna abstrak ini tetap memiliki beberapa aturan pembuatannya , diantaranya;
·       Jarak ketik 1 spasi.
·       Maksimal 250 kata.
·       Gunakan kalimat aktif .
·       Buang kalimat yang sifatnya memberikan keterangan pelengkap
Selain itu ada baian bagian penulisan dari abstrak yang tidak bileh terlupa atau tertingal , hal – hal yang menjadi isi dari abstrak itu sendiri adalah ;
1.     abstrak mensyaratkan jumlah kata maksimal dalam suatu abstrak, termasuk jumlah kata dalam judul dan kata kunci makalah atau artikel ilmiah kita lainnya. Biasanya jumlah kata maksimal dalam suatu abstrak berkisar antara 100-250 kata tergantung dari ketentuan jumlah kata yang telah ditentukan sebelumnya.
2.      identitas penulis: nama lengkap (biasanya tanpa gelar), nama institusi asal, alamat email
3.     bagian-bagian dari suatu abstrak yang biasanya terdiri dari:
a.     latar belakang: yang memuat alasan atau motivasi kenapa kita mengangkat dan menulis tentang topik karya kita, juga alas an mengapa topik tersebut sangat penting atau urgen untuk dikemukakan.
b.     rumusan masalah: apa yang akan dicari atau fokus dari karya kita
c.     pendekatan atau metode: dengan cara apa kita menemukan jawaban dari    masalah yang telah dirumuskan
d.     hasil: apa jawaban yang kita dapatkan dari rumusan masalah tadi
e.     kesimpulan: implikasi apa yang bisa kita dapat dari jawaban atau hasil yang   telah kita peroleh
f.      kata kunci (keywords): kata atau istilah yang menggambarkan area masalah yang diteliti.
                                                                                                    
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka atau biblografi  adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya.Salah satu hal yang mutlak perlu ada dalam suatu karya ilmiah adalah daftar pustaka. Sebuah bibliografi dapat memberikan deskripsi penting tentang rujukan secara keseluruhan. Selain itu, sebuah bibliografi dapat pula berfungsi sebagai pelengkap dari sebuah catatan kaki.
6.      CONTOH DAFTAR PUSTAKA
aadaftr pstka.jpg

PENULISAN PUSTAKA YANG BENAR
setiap penulisan sesuatu pastinya memiliki aturan penulisan yang harus di sesuaikan berdasarkan tata cara penulisannya , begitu pula dengan daftar pustaka, Ada hal-hal yang harus diperhatikan urutan dalam penulisan daftar pustaka, yaitu :
1.     Nama penulis
2.     Tahun Terbit
3.     Judul Buku / Karya
4.     Tempat Terbit
5.     Nama Penerbit

Bila sudah mengetahui urutan dalam penulisan daftar pustaka, langkah selanjutnya adalah mengetahui tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis daftar pustaka yang baik :
·       Pada penulisan nama, tidak perlu dicantumkan gelar
·       Bagi penulis yang memiliki marga, maka marga tersebut harus ditulis paling depan. Apabila tidak terdapat nama marga, maka penulisan nama tersebut diakhir.
·       Penulisan judul buku / karya ilmiah menggunakan font italic / cetak miring pada setiap katanya.
·       Jarak antar sumber diberikan dua spasi.
·       Teknik penulisanya dibedakan tiap sumbernya, apakah dari internet, buku, jurnal atau karya ilmiah lainya. Karena sudah ditetapkan dalam peraturan pemerintah dalam undang-undang menulis daftar pustaka.

SUMBER :




Comments

Popular Posts