PERENCANAAN PENULISAN ILMIAH

PERENCANAAN PENULISAN ILMIAH

Heyhooo.....
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatu...
           Pada posingan kali ini saya akan menjabarkan bagian bagian apa saja yang perlu dan harus ada dalam laporan / bandle PI (penulisan ilmiah) khususnya untuk mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA dengan jurusan SISTEM INFORMASI.
Alasan mengapa saya rasa postingan ini penting selain karna saya mendapat tugas ini dari dosen , hal ini penting untuk mahasiswa calon penyusun atau pembuat PI untuk mengetahui sebenarnya apa saja sih yang harus di susun dalam PI , apa saja yag di perlukan , bagaimana laporannya dan sebagainya dan sebagainya. Karna sebagian besar mahasiswa bingung ketika waktu PI datang apa yang harus mereka kerjakan.
           Diawali dengan adanya sebuah cover dalam penulisan ilmiah yang berisi didalamnya; Logo universitas gunadarma , lalu nama mahasiswa, NPM mahasiswa , fakultas , jurusan dan nama pembimbing beserta judul penulisan yang diangkat oleh mahasiswa tersebut.
           Contoh urutan isi PI(Penulisan Ilmiah) ini , referensi yang saya dapatkan dari contoh PI para senior di perpustakaan Universitas Gunadarma kampus J1 kalimalang.
Berikut adalah daftar isinya

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL .................................................................
PERNYATAAN ORIGINALITAS DAN PUBLIKASI ..........
LEMBAR PENGESAHAN ....................................................
ABSTRAKSI ..........................................................................
KATA PENGANTAR ............................................................
DAFTAR ISI ...........................................................................
DAFTAR TABEL ...................................................................
DAFTAR GAMBAR ..............................................................
DAFTAR LAMPIRAN...........................................................
BAB I PENDAHULUAN .......................................................
1.1   latar belakang masalah .........
1.2   batasan masalah ...................
1.3   tujuan penelitian ...................
1.4   metode penelitian .................
1.5   sistematika penulisan ...........
BAB II LANDASAN TEORI ...............................................
2.1 (bahasa yang digunakan) ........
2.2 (materi yang perlu dijelaskan) ........
2.3 flowchart ..................................
2.3.1 flow direction symbols ..........
2.3.2 processing symbols ................
2.3.3 input-output symbols .............
2.4 struktur navigasi ........................
2.4.1 linier .......................................
2.4.2 non linier ................................
2.4.3 hierarki ...................................
2.4.4 composite ...............................
BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN .......................
3.1 gambaran umum ......................
3.2 struktur navigasi ........................
3.3 langkah-langkah perancangan ........
3.4 pembuatan database ......................
3.5 desain storyboard ..........................
3.6 persiapan perangkat pembuatan website .....
3.7 implementasi halaman web ............
3.8 tampilan situs ..................................
3.9 ujicoba aplikasi ...............................
BAB IV PENUTUP ............................................................
4.1 kesimpulan .....................................
4.2 saran ...............................................
DAFTAR PUSTAKA .........................................................
LAMPIRAN ........................................................................

               Kira-kira seperti diatas adalah gambaran dari daftar isi dari penulisan ilmiah . nah selanjutnya saya mau kasih tau nih sedikit tentang uraian , apa aja sih yang di tulis atau apa aja sih sebenernya isi dari setiap hal di daftar isi diatas . berikut saya kasih penjelasannya ;

1.      HALAMAN JUDUL : berisi tentang judul atau bahasan yang diangkat oleh mahasiswa tersebut, didalamnya terdapat keterangan nama mahasiswa , NPM, jurusan dan nama dosen pembimbingnya .

2.       PERNYATAAN ORIGINALITAS DAN PUBLIKASI : Berisi pernyataan yang resmi tentang ke originalan PI yang dibuat mahasiswa tersebut . didalamnya terdapat keterangan nama mahasiswa , NPM, judul PI yang diangkat, tanggal sidang PI , tanggal lulus PI , serta diberikan tanda tangan dan foto mahasiswanya.

3.      LEMBAR PENGESAHAN : Berisi tentang pernyataan telah diSAHkannya PI yang dibuat oleh mahasiswa tersebut. Dan pada lembaran ini terdapat keterangan nama mahasiswa, NPM, tanggal sidang , tanggal lulus dan diketahui dengan ditanda tangani oleh PEMBIMBING,  KASUBBAG SIDANG PI, KETUA JURUSAN PI.

4.      ABSTRAKSI : isinya sedikit menerangkan tentang materi apa yang dibawa dalam PI yang dibuat tersebut. Dan sedikit menjelaskan tujuan pembuatan PI ini dan alasan mengapa mahasiswa tersebut membuat PI dengan materi ini.

5.      KATA PENGANTAR : seperti layaknya kata pengantar pada umumnya yang terdapat pula pada proposal atau sebagainya . kata pengantar ini berisi tentang ucapan syukur serta ucapan terimakasih kepada pihak pihak terkait yang membantu dalam penyelesaian pembuatan PI tersebut.

6.      DAFTAR ISI : berisi daftar apa saja isi dari bandle PI dari awal sampai dengan akhir . penulisan daftar ini dilengkapi dengan keterangan peletakan nomor halaman , sehingga dapat membantu pembaca jika ingin melihat suatu materi . contoh dari daftar isi seperti yang ada diatas.

7.      DAFTAR TABEL : memberitahu halaman dan letak dari tabel tabel yang digunakan atau dibuat. serta diberikan keterangan nama tabel dan pada halaman berapakah tabel tersebut berada

8.      DAFTAR GAMBAR : memberitahu halaman tempat peletakan gambar yang penulis buat . serta diberikan penjelasan pula gambar tersebut tentang apa dan berada di halaman berapa.

9.      DAFTAR LAMPIRAN : berisi daftar bagian atau materi yang diletakan di dalam materi lampiran. diletakan di lampiran biasanya karna penulisannya yang panjang dan agak rumit.

               Nah yang harus mahasiswa ketahui juga , nantinya saat pembuatan PI , setiap beda pembahasan selalu di batasi dengan sebuah kertas berwarna kuning berlogo UNIVERSITAS GUNADARMA . jadi setelah HALAMAN JUDUL dibatasi dengan lembar kuning berlogo GUNADARMA lalu dilanjut dengan PERNYATAAN ORIGINALITAS DAN PUBLIKASI , dan seperti itu terus selanjutnya.
Sekian postingan saya kali ini , mudah mudahan bisa bermanfaat buat teman teman yang kebetulan sedang membutuhkan . mohon maaf jika masih terdapat banyak kerancuan atau ketidak pahaman . teman teman bisa cari informasi lebih lanjut ke pembimbing temen temen atau ke perpustakaan yang teman teman inginkan.
Wassalammualaikum Wr. Wb

Comments

Popular Posts